Berkunjung ke Masjid Nabawi Tak Lengkap Rasanya Jika Belum ke Raudhah

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 06 Juli 2024, 12:22:35

Menunaikan ibadah haji atau umrah, tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi di Kota Madinah. Tepatnya berkunjung ke Masjid Nabawi. Masjid yang menjadi pusat perjuangan Islam ketika Rasulullah hijrah dari Makkah menuju Madinah ini, masih terawat dengan apik hingga sekarang ini. Bahkan, didatangi jutaan umat Islam sepanjang tahun pada waktu melaksanakan ibadah ke Baitullah.

Masjid Nabawi sendiri mempunyai struktur yang unik pada bangunannya, antara lain bangunan masjid yang terdiri dari dua buah bangunan bertingkat dengan bentuk persegi panjang tidak beraturan yang luas. Selain itu, pelataran masjid Nabawi juga sangat luas dengan desain arsitektur yang Islami. Terdapat kubah dan payung yang bisa membuka dan menutup secara otomatis di pelataran masjidnya. Ini menjadi daya tarik serta pesona tersendiri dari Masjid Nabawi.

49.jpg

Photo by Anas Miah on Unsplash

Tempat-tempat istimewa yang ada di masjid ini di antaranya yaitu makam Rasulullah SAW dan para sahabat. Sebab dulunya, rumah Nabi SAW ketika tinggal di Madinah berdampingan bahkan menyatu dengan bangunan masjid Nabawi. Rasulullah wafat di kamarnya bersama Aisyah RA. Beliau juga dimakamkan di sana.

Nah, yang tak kalah istimewa adalah ada tempat yang dikenal dengan Raudhatul Jannah atau Raudhah. Ingin mengetahui lebih lanjut seputar Raudhah? Yuk simak hingga akhir pemaparan berikut ini agar Anda lebih bersemangat untuk berkunjung ke Baitullah serta mengunjungi Raudhah!

Apa itu Raudhah?

Raudhah yaitu tempat kecil di antara kamar Rasulullah (yang sekarang menjadi makam Nabi SAW) dengan mimbar Masjid Nabawi. Dahulu, Raudhah ini berada di luar area Masjid Nabawi, karena merupakan ruang perbatasan di antara rumah Nabi dengan masjid. Namun, seiring perluasan Masjid Nabawi, tempat ini pada akhirnya menyatu dan menjadi bagian dari area dalam Masjid Nabawi.

Dalam salah satu hadits disebutkan bahwa, terdapat satu tempat di dunia ini yang menjadi salah satu taman dari taman-taman yang berada di surga. Rasulullah SAW bersabda,

“Apa yang berada di antara kamarku dan mimbarku adalah taman-taman surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan tempat yang dimaksud adalah tempat di antara mimbar masjid Nabawi dan kamar Rasulullah, kemudian lebih terkenal dengan sebutan Raudhatul Jannah yang berarti “Taman Surga”. Istimewa sekali bukan? Selama ini kita hanya dapat membayangkan dari gambaran surga yang terdapat di Al Quran. Tetapi, kita bisa menjumpai salah satu taman surga ketika di dunia dari apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW tersebut.

Batas lokasi

Lokasi Raudhah berbatasan dengan beberapa tempat di area Masjidil Nabawi. di sebelah kiri kiblat masjid atau sebelah timur, dibatasi oleh kamar Aisyah RA yang sekarang menjadi tempat Rasulullah dikuburkan. Sesuai dengan wasiat Nabi SAW, yang berpesan, “Tidaklah seorang utusan Allah (Nabi/Rasul) dikuburkan melainkan di tempat meninggalnya.”

Lalu di sebelah barat berbatasan dengan mimbar Rasulullah SAW. selanjutnya sebelah selatan merupakan kiblat yang letaknya sejajar dengan mihrab Rasulullah SAW. Dan terakhir yaitu di sebelah utara dibatasi dengan garis sejajar dengan rumah ibunda Aisyah RA.

afiq-fatah-qp0hPaafKD0-unsplash.jpg

Photo by afiq fatah on Unsplash

Dengan begitu, ukuran dari Raudhah ini yakni sekitar 22 x 15 meter sehingga total dari keseluruhan kurang lebih 330 meter persegi. Area ini ditandai dengan karpet berwarna hijau pada lantainya, sehingga tampak mencolok dan berbeda dengan sekelilingnya yaitu area dalam Masjid Nabawi yang karpetnya warnanya merah.

Anda dapat meluangkan waktu sejenak untuk singgah di Raudhah saat berada di Masjid Nabawi. Kenapa? Karena tempat ini punya banyak keunggulan dibandingkan tempat-tempat lainnya terutama untuk beribadah.

Tempat Mustajab untuk Berdoa

Raudhah ini merupakan salah satu tempat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa, tak heran jika banyak jamaah yang ingin masuk untuk melaksanakan shalat dan berdoa di Raudhah. Anda bisa melakukan banyak ibadah saat di Raudhah antara lain shalat, memanjatkan doa, dzikir juga i’tikaf. Jika Anda berkesempatan untuk berdoa di Raudhah, pilihlah doa-doa terbaik yang ingin Anda mintakan kepada Allah SWT.

Anda juga bisa menyiapkan doa-doa tersebut dari rumah, sebelum berangkat ke Baitullah. Selain berdoa untuk diri sendiri, Anda bisa berdoa untuk orang terdekat, hingga umat muslim seluruhnya. Atau mungkin Anda mendapatkan titipan doa dari kerabat, teman dan lainnya. Anda bisa mengucapkan doa-doa tersebut di Raudhah.

pexels-ahmed-nashed-3890524.jpg

Foto oleh Ahmed Nashed dari Pexels

Mengapa harus dipersiapkan sebelumnya? Agar ketika berdoa di Raudhah waktu Anda lebih efektif, fokus, serta lebih khusyuk. Anda tidak bisa terlalu lama di Raudhah, apalagi ketika situasi musim haji atau umroh. Anda harus memiliki toleransi dengan jamaah lain yang juga ingin masuk ke Raudhah. Jadi, harus berganti-ganti untuk menempati posisi di Raudhah.  

Bagi jamaah laki-laki, bebas memilih waktu untuk berdoa di Raudhah karena posisinya memang untuk shaf jamaah laki-laki. Akan tetapi bagi jamaah perempuan, ada jadwal khusus untuk dapat berdoa di Raudhah. Yaitu pada waktu dhuha, dzuhur dan isya.

Tentang Raudhah merupakan taman surga, Ibnu Hajar RA berpendapat ada 3 poin yang dapat disimpulkan. Pertama, tempatnya mirip dengan taman surga. Jika orang berdoa di tempat tersebut, akan merasakan damai layaknya di surga. Kedua, untuk yang beribadah di Raudhah dapat menjadi penyebab masuk surga.

Ketiga, tempat tersebut (Raudhah) kelak diangkat atau dipindahkan kembali ke surga. Maka, beruntung lah untuk Anda yang berkesemppatan untuk bisa mengunjungi Raudhah saat di dunia, dan semoga kelak kita bisa melihat kembali Raudhah ketika di akhirat. 

Nah, itulah tadi sekilas gambaran tentang tempat bernama Raudhah yang berada di salah satu masjid yang diagungkan oleh umat Islam yaitu Masjid Nabawi. Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan usia yang berkah, sehingga bisa melaksanakan ibadah di Baitullah dan bisa berdoa di Raudhah.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id