Ini Dia 6 Jenis Buah yang Ada di Al Quran, Ada yang Mudah Didapatkan Juga Lho!

Kategori : Features, Ditulis pada : 06 Juli 2024, 12:22:06

Buah merupakan salah satu bahan makanan yang cukup disukai karena selain rasanya yang enak, juga mengandung banyak vitamin dan mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa macam buah yang disebutkan di dalam Al Quran? Salah satunya adalah kurma yang sering dijadikan oleh-oleh khas saat beribadah haji dan umrah.

Buah yang disebutkandalam Al Quran tentu mempunyai banyak keistimewaan, ada yang menyebut bahwa buah-buahan tersebut termasuk ke dalam jenis buah yang ada di dalam surga. Karena, dalam Al Quran digambarkan buah-buahan tersebut nantinya dapat dikonsumsi oleh ahli surga. Selain rasa yang sedap, buah tersebut mengandung banyak khasiat untuk kesehatan.

Nah, penasaran bukan apa saja sih nama-nama buah yang Allah sebutkan dalam Al Quran? Berikut ini enam buah yang disebutkan dalam Al Quran serta manfaatnya untuk kesehatan. Selamat membaca!

Buah Kurma

Buah yang pertama yaitu kurma. Ya, pasti Anda sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Walaupun kurma lebih sering kita jumpai di bulan puasa dan Hari Raya Lebaran, kurma dapat dijadikan santapan yang lezat setiap hari. Terutama untuk teman berbuka puasa sunnah.

jocelyn-morales-nsdjbTJJMYY-unsplash.jpg

Photo by Jocelyn Morales on Unsplash

Kurma disebutkan sebanyak 20 kali dalam 16 surat yang berbeda dalam Al Quran, salah satunya di surat Maryam ayat 25-26 yang artinya,

“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, maka pohon tersebut akan menggugurkan kurma yang masak kepadamu. Maka dari itu, makan, minum dan senangkanlah hatimu. Bila kamu melihat seorang manusia, maka katakan lah, ‘Sesungguhnya aku sudah berjanji berpuasa untuk Tuhan yang Maha Pemurah. Maka aku tak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari itu.”

Ini menandakan bahwa kurma mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Manfaat tersebut antara lain untuk memperlancar proses kelahiran, mencegah pendarahan di rahim, memperlancar air susu ibu, mengobati kemandulan, energi tambahan untuk bayi agar tidak lemah dan lesu, dan vaksinasi untuk bayi.

Kurma cocok juga digunakan sebagai bahan makanan pokok. Kurma paling di difavoritkan sebagai makanan untuk berbuka puasa sebab memiliki kandungan gula yang dapat diserap antara 40-60 menit (dibandingkan dengan nasi yang perlu 5 jam penyerapan), sehingga bisa menjadi asupan yang menambah energi dengan cepat.

Kurma tumbuh di daerah sub tropis seperti Arab Saudi, Mesir, Tunisia dan sekitarnya. Kurma memiliki bermacam- macam jenis yang dapat dipilih sesuai selera, antara lain seperti kurma Ajwa, Medjool, Sukkari, Khalas, Tunisia dan lain sebagainya.

Buah Tin

Buah Tin (Fig) atau bisa juga disebut buah ara juga termasuk buah yang disebutkan dalam Al Quran. Bahkan, jadi salah satu nama surat yaitu Surat At-Tiin yang ada di juz 30. Nama buah Tin dapat ditemukan di ayat pertama yang berbunyi:

“Demi buah Tin dan Zaitun.” (QS. At-Tiin: 1)

55.jpg

Photo by Deon Black on Unsplash

Tentu, buah Tin menjadi sangat spesial karena Allah bersumpah dalam ayat tersebut. Buah Tin juga dipercaya menjadi salah satu buah-buahan yang berada di surga. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba buah ini karena buah tin termasuk buah yang lezat untuk dimakan.

Buah Tin punya banyak khasiat)) yang jarang diketahui orang, seperti dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, mengobati disfungsi seksual, menurunkan berat badan, melembabkan kulit, mengendalikan tekanan darah serta denyut jantung, mengatasi diabetes, dan memperkuat tulang.

Zaitun

Buah selanjutnya adalah zaitun. Mungkin Anda sering mendengar produk olahan dari buah zaitun, seperti minyak zaitun (olive oil). Nah, zaitun ini juga termasuk buah yang tersebut dalam Al Quran, sehingga banyak disarankan untuk berbagai macam kebutuhan dengan banyaknya khasiat yang terkandung di dalamnya.

Dalam Al Quran sendiri zaitun juga disebut sebanyak tujuh kali, yakni 2 kali disebutkan secara mandiri dan lima kali disebut bersama-sama dengan buah lain. Surat yang menyebut buah zaitun antara lain adalah surat At Tin, Al Mu’minun, An Nahl, An Nuur, Al An’am dan surat Abasa.

Buah zaitun juga disebut sebagai buah yang diberkahi, seperti pada surat An Nur ayat 35:

“..yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, yakni pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur dan tak pula di sebelah barat. Yang minyaknya hampir menerangi walaupun tak disentuh dengan api. Cahaya di atas cahaya yang berlapis-lapis..”

Zaitun banyak digunakan untuk memasak, juga bermanfaat untuk merawat kecantikan, menutrisi kulit serta rambut, serta bermacam manfaat lainnya. Karena zaitun memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, antioksidan yang baik untuk tubuh. Anda bisa dengan mudah menemukan zaitun yang dikemas berwujud minyak zaitun. Pastikan Anda memilih minyak zaitun yang berkualitas ya!

Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang umum didapatkan di Indonesia, bahkan sudah jadi makanan sehari-hari saking gampangnya ditanam dan didapatkan. Bagi Anda penggemar buah pisang, ternyata pisang juga salah satu buah yang disebut dalam Al Quran lho!

57.jpg

Photo by Anastasia Eremina on Unsplash

Bisa dilihat dalam surat Al Waqiah ayat 29, yang artinya|terjemahannya), “... dan pohon pisang yang bersusun-susun buahnya..”

Pisang banyak digemari sebab rasanya yang lezat, juga punya banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Antara lain sebagai sumber protein, kalsium, fosfor dan seterusnya.

Buah Delima

Delima disebutkan dalam Al-Quran surat Al An’am ayat 99 yang artinya, “... kami keluarkan dari tumbuhan yang menghijau butir yang banyak, dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjuntai, dan kebun-kebun anggur serta (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan juga tak serupa….”

Sama dengan buah surga lainnya, delima mengandung banyak manfaat bagi kesehatan antara lain sebagai antioksidan, mengobati penyakit jantung, mengurangi kolesterol jahat, anti kanker, mengurangi resiko penyakit radang sendi, menurunkan tekanan darah pada tubuh, mencegah penyakit Alzheimer serta baik untuk kesehatan kulit Anda.

Buah Anggur

Buah yang terakhir yaitu anggur. Buah yang memiliki banyak warna mulai dari hijau, merah, ungu, sampai kehitaman ini juga tersebut di dalam Al Quran. Buah anggur punya khasiat bahkan dalam beberapa tahap, mulai dari anggur muda yang masih mentah, anggur matang hingga yang dikeringkan (kismis).

56.jpg

Photo by Maja Petric on Unsplash

Anggur mengandung manfaat antara lain flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung serta kandungan lain yang melancarkan pencernaan, mencegah kanker, menghambat penuaan dini  dan seterusnya. Sebaiknya makan anggur dalam bentuk buah, bukan yang difermentasi sebab haram hukumnya meminum khamr atau minuman keras yang bisa memabukkan.

Itulah enam buah yang tersebut dalam Al Quran dan khasiatnya untuk kesehatan. Jadi, mana buah favorit Anda? Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id